Kamis, 26 Januari 2012

Cerita Klasik - Hansel dan Gretel



Hansel dan Gretel
Pada suatu hari ada seorang penebang kayu yang sangat miskin tinggal di sebuah pondok kecil di hutan dengan dua anak, Hansel dan Gretel. Istri keduanya sering diperlakukan buruk anak-anak dan selamanya mengganggu si penebang pohon. 



"Tidak ada cukup makanan di rumah untuk kita semua Ada terlalu banyak mulut untuk memberi makan!. Kita harus menyingkirkan dua anak nakal," ujarnya. Dan dia terus mencoba membujuk suaminya untuk meninggalkan anak-anaknya di hutan. 

"Bawa mereka pergi jauh dari rumah, sejauh-jauhnya sehingga mereka tidak dapat menemukan jalan mereka kembali Mungkin seseorang akan menemukan mereka dan memberi mereka sebuah rumah.!" Para penebang kayu sedih tidak tahu apa yang harus dilakukan. Hansel yang, suatu malam, telah mendengar percakapan orangtuanya, menghibur Gretel. 

"Jangan khawatir! Jika mereka meninggalkan kita di hutan, kita akan menemukan jalan pulang," katanya. Dan menyelinap keluar dari rumah dia mengisi saku-sakunya dengan kerikil-kerikil putih, lalu kembali ke tempat tidur. 

Saat fajar, penebang kayu memimpin Hansel dan Gretel pergi ke dalam hutan. Tetapi ketika mereka masuk ke ke dalam hutan, Hansel menjatuhkan kerikil putih kecil di sana-sini di tanah hijau berlumut. Di tengah hutan, penebang kayu itu mengatakan bahwa ia akan pergi sebentar dan ia akan kembali. Dan ia meninggalkan Hansel dan Gretel sendirian di hutan.

Malam pun tiba tetapi sang penebang pohon tidak kembali. Gretel mulai menangis. Hansel juga merasa takut tapi ia berusaha menyembunyikan perasaannya dan menghibur adiknya. 

"Jangan menangis, percayalah! Aku berjanji akan mengantarmu pulang bahkan jika Ayah tidak datang kembali untuk kita!" Untungnya malam itu bulan purnama. 

"Sekarang beri aku tanganmu!" katanya. "Kita akan pulang dengan aman!" Kerikil putih kecil berkilau di bawah sinar bulan, dan anak-anak menemukan jalan pulang. Mereka merayap melalui jendela yang terbuka setengah, tanpa membangunkan orang tua mereka. Dingin dan lelah namun mereka bersyukur berada di rumah lagi. Lalu mereka menyelinap ke tempat tidur. 

Hari berikutnya, ketika ibu tiri mereka menemukan bahwa Hansel dan Gretel telah kembali, dia sangat marah.Sambil menahan kemarahan di depan anak-anak, ia mengunci pintu kamarnya, mencela suaminya karena gagal untuk melaksanakan perintahnya. Sang penebang kayu yang lemah protes, bingung karena ia merasa malu dan takut melanggar istrinya yang kejam. Ibu tiri  yang jahat terus membiarkan Hansel dan Gretel terkunci sepanjang hari tanpa memberi mereka makanan, tapi hanya seteguk air dan roti keras. Sepanjang hari, suami dan istri bertengkar, dan ketika fajar datang, si penebang kayu memimpin lagi anak-anaknya keluar ke hutan. 

Hansel, tidak memakan rotinya, dan ketika dia berjalan melewati pohon-pohon, ia meninggalkan jejak remah-remah roti di belakangnya untuk menandai jalan. Tapi, anak kecil itu lupa tentang burung-burung lapar yang hidup di hutan. Ketika mereka melihatnya, mereka terbang di belakang dan dalam waktu singkat, telah memakan semua remah-remah. Sekali lagi, dengan suatu alasan, si penebang kayu meninggalkan kedua anaknya sendiri. 

"Aku sudah meninggalkan jejak remah roti, seperti waktu itu!" Hansel berbisik kepada Gretel, untuk menghiburnya. Tapi ketika malam tiba, mereka melihat dengan takut, karena jejak remah roti yang ditinggalkan Hansel telah hilang. 

"Aku takut!" Gretel menangis. "Aku kedinginan serta lapar dan aku ingin pulang!" 

"Jangan takut aku. Aku ada sini untuk melindungimu!" Hansel mencoba untuk menghibur adiknya, tapi dia juga menggigil ketika ia melihat bayangan menakutkan dan mata jahat di sekitar mereka dalam kegelapan. Sepanjang malam dua anak itu meringkuk bersama untuk menghangatkan tubuh di dekat sebuah pohon besar. 

Ketika fajar menyingsing, mereka mulai mengembara hutan, mencari jalan, tapi semua harapan segera memudar. Mereka tersesat. Ketika mereka berjalan dan berjalan, mereka tiba-tiba  melihat sebuah pondok yang aneh di tengah-tengah rawa.

"Ini adalah cokelat!" Hansel terkesiap saat ia mematahkan sebongkah plester dari dinding. 

"Dan ini adalah icing!" seru Gretel, menempatkan sepotong dinding di mulutnya. Mereka kelaparan tapi senang, anak-anak mulai makan potongan permen yang dipatahkan dari pondok. 

"Bukankah ini enak?" kata Gretel, dengan mulut penuh. Dia belum pernah merasakan sesuatu yang begitu enak. 

"Kami akan tinggal di sini," kata Hansel, mengunyah sedikit nougat. Mereka baru mencoba sepotong biskuit ketika pintu tiba-tiba terbuka. 

"Yah, yah!" kata seorang wanita tua, mengintip keluar dengan tampilan licik. "Dan kau bukan anak yang manis-manis?" 

"Masuklah Masuklah, Anda tidak perlu takut!" kata wanita tua itu. Malang bagi Hansel dan Gretel. Sebenarnya, pondok permen gula itu milik seorang penyihir tua. Ia menjebaknya. Kedua anak itu datang ke tempat yang benar-benar salah. 

"Kau hanya kulit dan tulang!" kata penyihir itu, mengunci Hansel dalam sangkar. Aku akan membuat badanmu gemuk! " 

"Kau dapat melakukan pekerjaan rumah tangga," katanya muram kepada Gretel, "maka aku akan membuat makanan dari kau juga!" Tapi, penyihir tua itu penglihatannya sangat buruk. Ketika Gretel mengolesi mentega pada kacamatanya, dia tidak bisa melihat.  

"Biarkan aku meraba jarimu!" kata si penyihir kepada Hansel setiap hari untuk memeriksa apakah dia sudah siap untuk disantap. Pada saat itu, Gretel membawakan kakaknya tulang ayam dan ketika penyihir pergi untuk menyentuh tangannya, Hansel mengulurkan tulang ayam yang diberikan oleh Gretel. 

"Kau masih terlalu kurus!" ia mengeluh. "Kapan kau menjadi gemuk? Suatu hari penyihir tersebut telah lelah menunggu. 

"Kau! nyalakan ovennya!" katanya pada Gretel. "Aku akan memakan anak laki-laki panggang yang lezat hari ini!" kata penyihir itu. Kemudian dia melanjutkan: "Hidupkann dan lihat apakah oven cukup panas." Gretel kembali, merintih: ". Saya tidak bisa mengatakan apakah itu cukup panas atau tidak" Marah, si penyihir berteriak pada gadis kecil: "Kau anak tak berguna!, baiklah aku akan melihatnya sendiri." Tapi ketika penyihir membungkuk untuk mengintip ke dalam oven dan memeriksa, Gretel mendorongnya dan menutup pintu oven. Akhirnya tamatlah riwayat penyihir itu. Gretel berlari untuk membebaskan kakaknya dan mereka memeriksa dan cukup yakin bahwa pintu oven itu tertutup rapat. Untuk berjaga-jaga mereka menggembok pintu oven tersebut. Kemudian mereka tinggal selama beberapa hari untuk 
makan di rumah penyihir itu, sampai mereka menemukan barang-barang milik penyihir yaitu telur cokelat besar. Di dalam mereka juga menemukan peti koin emas. 

"Penyihir itu sekarang sudah meninggal," kata Hansel, "Sekarang ayo kita kumpulkan harta-harta ini." Akhirnya mereka mengisi keranjang besar dengan makanan dan berangkat ke hutan untuk mencari jalan pulang. Kali ini, keberuntungan berpihak pada mereka. Pada hari kedua, mereka melihat ayah mereka keluar dari rumah menuju mereka dan ia menangis bahagia. 

"Ibu tirimu sudah meninggal. Pulanglah dengan ayah sekarang!." Hansel dan Gretel pun memeluk si penebang pohon. 

"Berjanjilah kalau ayah tidak akan pernah meninggalkan kami lagi," kata Gretel, memeluk leher ayahnya. Hansel pun membuka peti yang berisi harta tersebut. 

"Lihatlah, Ayah kita kaya sekarang... Ayah tidak perlu menebang pohon lagi.!" 

Ayahnya pun bahagia bertemu kembali dengan mereka. Dan akhirnya mereka semua hidup bahagia selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar